Selasa, 05 Agustus 2014

Tips Dapur Hijau





Beberapa tips untuk membuat dapur Hijau. 

 
Selain halaman, ada pula bagian dari rumah yang dapat Anda jadikan areayang hijau atau lebih ramah lingkungan. Dapur Anda misalnya, bisa dijadikan sebagai area hijau selain dari halaman. Bagaimana cara melakukannya?
  • Gunakan  peralatan memasak yang tahan lama. Ini berarti bahwa Anda harus menyingkirkan alat atau perlengkapan yang terbuat dari teflon. Selain isu bahwa teflon berbahaya bagi kesehatan karena dari permukaan non-stick nya, teflon juga tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama.
  • Gunakan peralatan yang terbuat dari stainless steel atau besi cor. Meskipun harga yang mahal, namun peralatan yang lebih mahal memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan lama. Hindari menggunakan peralatan yang terbuat dari plastik karena peralatan tersebut tidak tahan panas. Gunakan pisau yang baik dan berkualitas yang selalu tajam dan juga gunakan kain atau handuk untuk membersihkan dapur, bukan tissu.
  • Pilih kompor yang sesuai dengan budget. Perlu diingat bahwa jenis kompor yang baik (baik yang berbahan bakar gas atau listrik) harus mampu bertahan hingga sekitar sepuluh tahun.
  • Gunakan oven secara efisien. Sebelum Anda memanggang makanan, hidupkan oven selama 5-10 menit sebelum digunakan sehingga panas yang dihasilkan sesuai dengan yang kita
Tips dapur hijau
inginkan. Jika memungkinkan, Anda dapat memanggang lebih dari satu jenis makanan untuk membuatnya lebih efisien.  Gunakan penutup panci saat memasak untuk mempersingkat waktu memasak, karena panas tidak keluar dari panci. Anda juga dapat menggunakan pressure cooker yang mampu mempersingkat waktu memasak anda sebesar 70%, yang berarti menghemat listrik atau gas.

  • Anda harus tahu apakah buah impor semakin banyak masuk ke pasaran. Namun, buah ini telah mengalami sangat jauh perjalanan yang menghabiskan banyak bahan bakar. Beralih ke bahan makanan lokal, selain tidak menghabiskan banyak energi untuk transportasi, kualitas makanan lokal tidak lebih rendah dari makanan yang diimpor. 
  • Dapur adalah bagian dari rumah yang memiliki  limbah yang paling banyak. Membawa tas sendiri ketika berbelanja adalah lebih bijak untuk mengurangi kantong plastik yang masuk ke dapur Anda. Beli makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan lagi kemasan yang Anda dapatkan seperti wadah selai, kantong plastik, atau botol air mineral. 
  • Gunakan sampah dapur organik untuk kompos. Jika Anda tidak memiliki halaman, gunakan di tanah kosong dekat rumah Anda. 
  • Renovasi dapur tidak perlu menggunakan barang baru. Anda dapat menggunakan barang-barang lama untuk menghias dapur Anda. 
  • Buatlah jendela yang lebar agar sinar matahari dan udara segar di siang hari dapat menyegarkan dapur anda. 


Artikel terkait Dapur :
Mengatur lemari dapur
Material atau bahan untuk lantai dapur
Jenis-jenis kran untuk dapur
Peralatan dapur
Memilih ubin untuk lantai dapur
Mengatur dapur untuk rumah kecil
Tips Dapur Hijau
Ubin keramik untuk dinding dapur

Penelusuran yang terkait dengan Tips Dapur Hijau:
keramik dapur hijau, aneka tips dapur, kumpulan tips dapur, tips dapur sempit, tips dapur bersih, tips dapur sehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...