Selasa, 19 Agustus 2014

Membuat tangga rumah dengan harga murah





Diet uang soal tangga


 
Agar pembuatan tangga tidak menelan biaya besar renovasi rumah, berikut adalah tips dan cara mensiasatinya.

Walaupun secara fungsi tangga harus memiliki kekuatan yang paling baik, akan tetapi jika biaya nya terbatas, maka anda harus pintar mensiasati agar biaya yang dikeluarkan bisa ditekan minimal. Mensiasati disini tidak berarti mengurangi kualitas, kekuatan dan keindahan tangga. Untuk itu simak beberapa tips di bawah ini, agar anda dapat menghemat biaya pembuatan tangga, saat merenovasi rumah anda.

1. Desain
Jika rumah anda mungil, maka alokasi ruangan untuk tangga pun terbatas, maka langkah yang harus anda lakukan adalah memilih desain tangga yang proporsional, sesuai dengan bentuk dan luas ruangan.

Bentuknya disarankan bentuk I dan bukan bentuk U, L, atau melingkar. Lokasinya pun juga harus letakkan di tempat yang tidak menambah sempitnya ruangan, seperti, membuat tangga yang lurus searah dengan dinding. Selain itu, usahakan membuat tangga yang terkesan ringan dan tidak menutupi atau mengganggu pandangan mata. Akan lebih bagus lagi jika tangga tersebut dapat sekaligus menjadi elemen interior yang dapat mempercantik tampilan ruangan anda.

membuat-tangga-dengan-harga-hemat
2. Bordes
Dengan rumah kecil dan pemilihan bentuk tangga yang lurus (berbentuk I) anda tidak perlu menempatkan bordes, hilangkan saja.

3. Pondasi
Pilihlah material yang lebih ringan, tujuannya adalah agar pondasi yang dibangun untuk tangga tidak berat. Untuk tangga beton  wajib berpondasi, tetapi untuk baja dan kayu tidak harus. Salah satu trik untuk menghilangkan pondasi adalah dengan cara memfungsikan dinding  sebagai tumpuan kekuatan anak tangga.

4. Material
Agak banyak pilihan material yang dapat anda gunakan untuk meminimalkan biaya pembuatan tangga. Anda dapat saja menggunakan 1 jenis material tertentu untuk membangun sebuah tangga. Atau jika anda ingin sesuatu yang tidak monoton, pakailah teknik padu padan material. Jika tangga tersebut menggunakan kayu, anda tidak perlu memakai kayu solid,cukup kayu rekayasa, beda harganya bisa mencapai 30 persen.

5. Finishing
membuat-tangga-rumah-dengan-harga-hemat
Finishing dapat mengurangi banyak dana untuk pembuatan tangga. Jika anda suka dengan kesan rustic, anda tidak perlu melakukan finishing tangga. Biarkan saja kondisinya polos dan material nya teraspos total. Karena tanpa finishing pun tangga  tetap bisa tampil cantik.

6. Railing
Railing tangga hukumnya wajib. Jika posisi tangga dirancang menempel pada dinding, anda tidak perlu menggunakan railing di kedua sisinya. Cukup letakkan satu saja di area yang berseberangan dengan dinding. Selain itu, kisi-kisi pengaman dibawah railing yang menempel dengan balustrades juga dibuat renggang saja.

7. Anak tangga
Jangan bermain main dengan jarak ketinggian anak tangga. Mengubah ketinggian anak tangga akan membuat fungsi tangga menjadi tidak nyaman. Yang perlu anda lakukan adalah mengurangi lebar pijakan anak tangga. Jika biasanya menggunakan panjang minimal 90 cm anda bisa menggunakan panjang 70cm. Bahkan secara ekstrim anda dapat menggunakan panjang 60cm. Misalkan anda menggunakan kayu, penghematan yang dapat anda lakukan adalah 30 cm kali lebar pijakan 30 cm kali jumlah anak tangga (misal 20 anak tangga), Maka jika dihitung, anda dapat menghemat 1,8 meter persegi. Jika harga per meter persegi kayu adalah Rp. 175.000 berarti anda menghemat Rp. 315.000.

8. Balustrade
Harga balustrade yang ada di pasaran terbilang cukup mahal, kisaran nya sekitar Rp. 450.000 perbuah. Kebanyakan desain tangga saat ini menempatkan balustrade  yang satu dengan lainnya dengan jarak 80 cm. Jika di dalam rumah yang memiliki ketinggian antar lantai 3,5 m, Maka didapat panjang tangga sekitar 4 m. Dengan jarak 80 cm, berarti ada 5 buah balustrade yang harus dipasang. Padahal dengan jarak 4 m, hanya diperlukan maksimal 3 balustrade. Dan hal itu tidak akan mempengaruhi desain, anda pun dapat menghemat biaya pengeluaran sebesar 900 ribu.




1 komentar:

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...