Jumat, 15 Agustus 2014

Jenis-jenis jendela rumah





Berbagai jenis jendela rumah yang bisa anda coba


 
Ada begitu banyak jenis jendela rumah yang kita kenal sekarang. Bentuk jendela telah berkembang dari awal ketika manusia membuat rumah sampai sekarang. Tidak mengherankan, di masa depan, akan banyak jenis jendela bermunculan. Umumnya, pemilihan jenis jendela rumah berhubungan dengan gaya bangunan dan lokasinya.

Berikut adalah jenis jendela rumah yang dapat Anda pilih untuk rumah Anda


Fixed Window, Fixed window adalah jenis jendela yang tidak memiliki ventilasi sehingga hanya dapat memasukkan cahaya. Karena tidak dapat menyediakan sirkulasi udara, penggunaan jendela jenis ini harus dipertimbangkan sebaik mungkin.

  • Double Hung Window adalah jendela terdiri dari dua daun jendela, disusun secara vertikal dan dioperasikan dengan menggeser satu sabuk vertikal.
  • Single Hung Window  adalah jendela yang memiliki bentuk fisik yang sama dengan Double Hung Window. Hal-hal yang membedakan dengan Double Hung Window adalah bahwa jenis jendela ini hanya memiliki 1 daun jendela, yang dapat digeser, Single Hung Window hanya bisa menyediakan 50% bukaan.
  • Sliding Window, Sesuai dengan namanya, sliding window dapat dibuka dan ditutup dengan menggeser secara horisontal.
  • Casement Window atau swinging window memiliki daun jendela dengan satu sisi yang aktif, dan dioperasikan berayun keluar. Keuntungan dari jendela ini adalah bahwa jendela jenis ini mampu memberikan bukaan sebanyak 100%.
  • Awning and Hopper, adalah jenis jendela yang memiliki prinsip kerja yang mirip dengan Casement Window atau swinging window, namun daun jendela yang aktif berada disisi atas atau bawah.
  • French Window adalah jenis jendela dengan sepasang swinging window, yang juga berfungsi sebagai aksen masuk dan keluar ruangan. Karena memiliki fungsi ganda, penempatannya untuk pintu kamar tidur adalah penempatan yang sempurna untuk Jendela Perancis, karena sebagian besar bukaan menuju ke ruangan. Biasanya penempatan jendela ini sangat cocok jika menghadap taman yang berdekatan dengan kamar tidur.
  • Pivoted window adalah jenis jendela yang memiliki daun jendela yang bisa berputar 90 derajat atau 180 derajat secara horisontal dan vertikal.
  • Jalousie window atau Jendela jalusi adalah jendela yang memiliki sirip panjang horisontal yang terbuat dari kayu dan bahan padat lainnya.
  • Bay Window, Sesuai dengan namanya, jendela jenis Bay Window selalu menjorok ke depan.
  • Bow Window adalah jenis jendela yang mirip dengan Bay Window. Perbedaannya terletak pada bentuk jendela yang dibuat dalam bentuk melengkung.
  • Ox-Eye, adalah jendela kecil dalam bentuk lingkaran, bulat atau oval, dan juga sering disebut sebagai jendela Oeil de boeuf. Biasanya aplikasi jendela jenis ini menggunakan elemen kaca patri atau kaca berwarna.
  • Ribbon Window, jendela ini selalu memiliki bentuk horizontal dan memanjang seperti pita. Jendela ini dapat dibuat tersegmentasi atau terus menerus tanpa segmen. Ribbon window menjadi salah satu ciri bangunan bergaya minimalis modern.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...