Rabu, 04 Juni 2014

Heat gun - alat yang memiliki banyak fungsi





Heat gun


 
Ketika Heat gun  dinyalakan, maka pipa besi akan dapat dibengkokkan dengan mudah. Tidak hanya itu. Alat ini juga mampu untuk melonggarkan mur yang berkarat, mengelupas cat dan mengganti dempul furnitur. Bentuk heat gun mirip dengan pengering rambut. Memang, Heat gun dan pengering rambut memiliki kesamaan, sama-sama alat untuk mengeluarkan panas. Tapi, jangan menganggap bahwa fungsi Heat gun sama dengan pengering rambut. Jika Heat gun ditembakkan ke rambut, maka rambut akan menjadi kering seketika, dan kulit kepala Anda akan terbakar.

Beberapa kegunaan dari heat gun


Heat gun bisa digunakan ketika Anda memiliki masalah dengan besi yang perlu dibengkokkan. Semprotkan udara panas yang keluar dari heat gun ke pipa yang perlu dibengkokkan, beri jarak sekitar 10 cm. Tunggu beberapa saat sampai pipa menjadi panas, lalu tarik ujung pipa ke arah yang Anda inginkan. Sekarang anda bisa melihat hasilnya. Pipa sudah bengkok dalam waktu yang tidak terlalu lama.


heat-gun
Heat gun juga dapat digunakan untuk menghilangkan stiker, atau benda lain yang menempel di dinding rumah yang memiliki perekat yang kuat. Semprotkan uap panas dari Heat gun untuk beberapa saat, maka stiker atau penutup dinding dan sejenisnya akan dengan mudah terkelupas.

Sebaliknya, heat gun juga dapat digunakan untuk memperkuat perekatan. Beberapa jenis perekat tertentu butuh waktu agar menjadi kering untuk bisa digunakan. Dengan bantuan Heat gun, proses pengeringan akan lebih cepat dan hasilnya akan lebih maksimal.

Apakah Anda ingin mengganti warna cat dinding rumah dengan warna lain? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cat lama harus dibuang. Biasanya, cat lama harus dikerok sampai habis. Dibutuhkan waktu yang lama jika penerokan dilakukan hanya dengan menggunakan pisau dempul.

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengelupasan cat, semprotan uap panas dari heat gun. Cat lama akan segera mengelupas dan dengan demikian dapat dengan mudah diangkat dengan menggunakan pisau dempul.

Terakhir, jika Anda mengalami kesulitan untuk membuka mur atau baut berkarat, heat gun juga dapat membantu Anda. Demikian juga, bila Anda ingin mempersiapkan permukaan kayu untuk dipernis, atau menghapus dan mengganti dempul di mebel kayu. Alat ini juga dapat berfungsi sebagai solder ringan.

Pengaturan suhu dalam penggunaan heat gun


Heat gun dilengkapi dengan thermostat untuk mengatur suhu yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih suhu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • 122 o - 300 o F (50 o - 150 o C):  untuk melepaskan pipa besi
  • 400 o - 450 o F (205 o - 230 o C):  untuk mengelupaskan cat atau dempul
  • 450 o - 550 o F (230 o - 290 o C): untuk mengelupaskan lem atau untuk memperkuat perlekatan lem
  • 800 o - 850 o F (425 o - 455 o C):  untuk menyolder
  • 900 o - 950 o F (480 o - 510 o C):  untuk melonggarkan mur atau baut atau sekrup berkarat
  • 1000 o - 1100 o F (520 o - 550 o C) : untuk menghilangkan cat atau pernis
  • 1022 o F (550 o C): pada suhu ini, kayu bisa berubah menjadi arang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...