Senin, 30 Juni 2014

CARA MEMILIH AC YANG BAGUS




Bagaimana ciri AC yang bagus?

 
Mungkin banyak yang tidak tahu kalau AC itu ada bermacam-macam jenisnya. Yang paling populer untuk konsumsi rumah tangga tentu saja AC split. Selain bermacam-macam merknya juga bermacam-macam pula harganya tergantung fitur yang disematkan. Lalu di antara sekian banyak pilihan, kriteria AC yang bagus seperti apa sih? Yuk baca terus...

1. Berat
Mungkin kelihatannya aneh tetapi kriteria AC yang paling mudah dilihat oleh orang awam adalah beratnya. Semakin berat barangnya maka semakin bagus pula kualitasnya. Jika mau mencoba tinggal saja indoornya (bagian AC yang dipasang di ruangan) lalu bandingkan dengan AC yang lain.

2. Panjang
Di dunia per-AC-an ada pepatah bahwa semakin panjang barangnya maka makin dingin pula udara yang dihasilkan. Itu karena tempat untuk evaporatornya semakin besar sehingga bisa menampung freon lebih banyak. Namun ada beberapa produsen AC yang membuat barangnya pendek tetapi lebih tebal karena letak evaporatornya tidak memanjang tetapi berlapis-lapis, misalnya AC merk Mitsubishi.

3. Berkabel isi 3
Ketika mencari AC perhatikan kabel yang akan disambungkan. Jika masih menggunakan kabel isi 3 itu berarti produsen AC tersebut masih mempertahankan kualitasnya meskipun biasanya harganya pun menjadi mahal. Sayangnya sekarang sudah tidak banyak lagi AC yang menggunakan kabel isi 3.

4. Watt cukup besar
Kenapa dikatakan cukup? Sebenarnya AC ada 3 tipe untuk ukuran wattnya. Yang pertama adalah AC watt normal (atau mungkin sekarang disebut dengan watt besar) yang untuk pemakaian ukuran 1/2PK bisa mencapai 550W, watt semi rendah di kisaran 400W dan watt rendah di kisaran 340W. Bahkan ada produsen AC yang membuat watt sangat rendah sekali 260W. Tetapi tidak semuanya bagus untuk kita. Dikatakan cukup karena saya tidak bisa bilang watt normal lebih bagus dari watt rendah atau sebaliknya. Pada dasarnya semakin tinggi wattnya akan semakin dingin pula. Tetapi ada baiknya kita mencari watt yang sesuai untuk luas ruangan. Misalkan kamar 2x3 cukup memakai yang watt rendah saja atau watt yang semi rendah apabila orangnya tahan dingin. Untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya konsultasikan dengan orang yang menjual atau konsultasi melalui halaman Facebook ini.

Semoga artikel ini bermanfaat kala ingin membeli AC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...