Selasa, 17 Juni 2014

Membuat sendiri kolam ikan di halaman





Beberapa tips untuk membuat kolam ikan sendiri


 
Salah satu cara untuk menghias taman Anda dan membuatnya terasa sejuk adalah untuk mengisi taman Anda dengan kolam ikan. Anda hanya memerlukan sedikit biaya untuk membuatnya sebagai bagian dari keindahan taman Anda. Anda hanya perlu menyewa beberapa pekerja untuk membuat kolam ikan anda  dan tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa seorang ahli. Seperti kita ketahui, air mampu menghadirkan kedamaian dan kesejukan pada hati, pikiran dan perasaan. Dan akan menjadi lebih indah jika anda memasukkan beberapa ekor ikan hias untuk menambah keindahan kolam dan taman, yang dapat Anda nikmati bersama keluarga Anda.

Menentukan lokasi kolam ikan

Sebagai langkah awal, Anda harus menentukan lokasi untuk kolam Anda, sehingga dengan mudah Anda dapat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kolam anda. Selain itu, pemilihan lokasi yang tepat akan membuat Anda dapat melihat dan menikmati kolam ikan anda dari luar dan bila pperlu dari dalam rumah. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah paparan sinar matahari bagi kesehatan tanaman di sekitar kolam. Dan juga penggunaan penerangan listrik, sehingga kolam Anda dapat dinikmati baik siang maupun malam.

Cara pembuatan kolam ikan di halaman

Kolam dengan dasar beton akan membuat kolam tampak bersih dan kuat. Pastikan bahwa pembuatan kolam dengan dasar beton dilakukan oleh seorang ahli, untuk mencegah kerusakan dan keretakan, sehingga kolam ikan Anda menjadi tidak indah lagi. Sesuaikan luas dan kedalaman kolam sesuai dengan selera Anda, terutama jika Anda ingin menempatkan ikan ke dalam kolam Anda. Anda juga harus mempertimbangkan ancaman dari hewan seperti kucing dan anjing agar mereka tidak bisa mencuri ikan peliharaan Anda. Usahakan agar kolam ikan Anda tidak terlalu sempit dan tidak terlalu dangkal, tetapi juga tidak terlalu dalam sehingga ikan dapat dilihat dengan mudah.

Pemasangan keramik sebagai dinding kolam, juga bisa dilakukan untuk menambah keindahan, atau batu alam juga bisa. Tetapi pemasangan batu alam dan keramik memerlukan pemeliharaan rutin, karena bahan-bahan tersebut mudah ditumbuhi lumut. Dan hal ini akan membuat kolam mudah keruh. Selain itu, keramik dan batu alam juga akan menjadi sarang nyamuk.

Saluran air. Saluran air harus dibuat di dasar kolam. Tujuannya adalah mempermudah dalam membersihkan kolam, sehingga kotoran di dasar kolam dapat dibersihkan dengan baik dan benar-benar bersih.

Untuk menambah keindahan kolam ikan Anda, Anda dapat menempatkan beberapa ornamen di sekitar kolam renang atau di tengah kolam. Keberadaan air mancur juga dapat menambah keindahan dan kesejukan taman Anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...