Sabtu, 28 Juni 2014

Pengaturan dan dekorasi teras / beranda





Tips mengatur / menata teras rumah


 
Serambi biasanya daerah semi-terbuka. Dapat terletak di bagian depan, samping atau belakang rumah. Serambi adalah area transisi antara ruang terbuka di luar dengan bagian dalam rumah. Beranda atau teras biasanya merupakan bagian dari rumah yang menghadap atau berorientasi ke ruang terbuka seperti halaman atau daerah terbuka hijau di pemukiman perumahan.

Seperti kamar lain di rumah, beranda atau teras harus diatur sebaik mungkin, agar terlihat baik. Kenyamanan perlu diperhatikan, ingat bahwa beberapa keluarga menggunakan teras sebagai daerah untuk berkumpul dan bersosialisasi, baik dengan anggota keluarga atau tamu yang berkunjung. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mengatur teras rumah Anda.

Pemilihan bahan untuk lantai teras


bahan-lantai-teras
Karena teras merupakan daerah semi-terbuka dan di luar rumah (semi outdoor), maka pemilihan bahan harus disesuaikan dengan sifat area. Untuk daerah terbuka dan semi-outdoor, Anda harus menggunakan material yang memiliki tekstur yang lebih kasar. Untuk lantai beranda, hindari menggunakan bahan yang licin dan memiliki sedikit pori-pori seperti ubin yang umum digunakan di dalam rumah. Gunakan terasso atau ubin yang memiliki pori-pori besar seperti yang biasa Anda gunakan untuk kamar mandi. Terasso atau ubin yang memiliki pori-pori besar juga memiliki kelebihan lain, yaitu: mampu menghilangkan air lebih cepat, sehingga bila terkena hujan, lantai tidak terlalu licin.

Anda juga dapat menggunakan batu alam untuk lantai beranda di rumah Anda, pastikan bahwa batu alam diberikan lapisan untuk mencegah air memasuki pori-pori. Batu alam yang telah diberi lapisan tahan air, juga akan menghindari lumut menempel ke lantai.

Pemilihan Materi untuk Dinding teras


dekorasi-teras
Setelah Anda selesai dengan pemilihan bahan untuk lantai beranda, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan bahan dan pola dekoratif untuk dinding Anda. Untuk dinding beranda, Anda dapat menggunakan berbagai bahan, atau menggabungkan berbagai bahan untuk membentuk seluruh bidang dengan nilai estetika yang tinggi dekoratif. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan bata ekspos, kayu solid dengan berbagai pola (vertikal, horisontal, atau diagonal), batu alam (batu pasir, batu candi, marmer, karang, granit, andesit, dll).

Tutup dinding teras atau daerah teras rumah Anda akan dipandang indah jika Anda mampu menggabungkan berbagai jenis bahan, warna dan pola dekoratif yang indah. Anda dapat menempatkan sebuah batu alam (batu pasir atau batu candi) dan kayu solid pada bagian luar dinding sebagai aksen untuk mempercantik dan meningkatkan nilai estetika dari dinding beranda / teras rumah Anda.

Hindari memasang hiasan dinding, seperti kaligrafi yang terbuat dari logam (perak, kuningan) dan gambar di beranda atau teras. Karena lokasinya di luar rumah dan semi-outdoor, perubahan cuaca dari panas ke yang dingin atau sebaliknya, dan perbedaan suhu pada siang dan malam akan sangat mudah untuk merusak hiasan dinding Anda. Jika Anda ingin menambahkan aksesoris tambahan, Anda dapat mempertimbangkan aksesoris yang terbuat dari kayu atau gerabah. Anda juga dapat menempatkan ukiran dan ornamen yang terbuat dari batu alam. Bentuknya seperti roaster, tetapi dengan ukuran yang lebih besar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...