Senin, 20 Oktober 2014

Mengenal jenis-jenis rumput taman





Tips memilih rumput untuk taman 


 
Keindahan taman atau halaman tidak hanya didukung oleh bentuknya, tetapi juga elemen pendukung yang ada di dalamnya. Taman yang terletak di halaman membutuhkan banyak elemen untuk membuatnya indah, salah satunya adalah dengan menanam rumput taman. Rumput adalah salah satu jenis tanaman yang berguna untuk menutupi lahan yang paling banyak digunakan orang, terutama untuk taman. Saat ini, dengan luas lahan yang makin terbatas, memiliki lahan untuk ruang hijau dapat memberikan keuntungan tersendiri. Dengan menanam rumput kita masih bisa menggunakan lahan tersebut untuk berbagai keperluan di atasnya dan masih memiliki area sebagai penyerap air hujan. Spesies rumput taman yang sesuai dengan karakter dan fungsi rumah tinggal dibagi menjadi dua jenis, yaitu rumput hias dan rumput fungsional.

Rumput hias

rumput-manila
Rumput manila (Zoyzia Matrella)
Fungsi utama dari rumput hias adalah sebagai hiasan dan tidak boleh sering diinjak-injak karena bisa mati. Spesies rumput yang termasuk dalam jenis ini adalah rumput peking, rumput manila dan rumput jepang. Jenis rumput ini harus dipupuk dengan urea dan bukan pupuk organik karena dapat memicu pertumbuhan gulma.

Rumput fungsional


rumput-bermuda-(Cynodon-dactylon-L)
Rumput bermuda ( Cynodon dactylon L)
Jenis rumput ini lebih tahan terhadap injakan dan tidak mudah mati, contohnya adalah rumput gajah dan rumput gajah mini. Rumput gajah merupakan jenis rumput yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan yang sering digunakan untuk bermain, terutama oleh anak-anak. Rumput gajah adalah jenis rumput yang banyak digunakan oleh banyak orang karena harganya tidak mahal. Rumput gajah jenis ini juga memiliki family yang disebut rumput gajah mini. Jika Anda pergi ke penjual tanaman hias, mereka selalu menyediakan rumput gajah mini karena merupakan jenis rumput yang mudah dijual.

Perawatan rumput taman


rumput-karpet(Axonopus-Beauv)
Rumput Karpet (Axonopus Beauv)






Penanaman rumput taman harus dilakukan di sore hari ketika matahari tidak terik. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu yang cukup bagi rumput baru untuk beradaptasi dan mempersiapkan untuk hari berikutnya pada saat panas. Air dan sinar matahari adalah poin utama yang dibutuhkan oleh rumput. Tanah berpasir harus disiram lebih sering. Ketika hujan tidak dapat memenuhi kebutuhan rumput akan air, maka rumput perlu disiram setiap seminggu sekali.
rumput-gajah-mini
Rumput Gajah Mini




Jika rumput mulai memanjang, pemangkasan rumput perlu dilakukan agar daunnya yang berada di bagian bawah tetap mendapatkan sinar matahari dan tidak layu atau menguning. Ketika rumput subur dan mulai memanjang, maka harus dipotong. Jika Anda menemukan rumput liar, cabut dari akar, jangan hanya memotong daunnya saja. Tujuannya adalah agar rumput liar tersebut tidak akan tumbuh lagi. Rumput taman merupakan bagian integral dari keindahan taman.

rumput-peking
Rumput Peking

rumput-swiss
Rumput Swiss



rumput-jepang
Rumput Jepang

Namun, spesies apa pun yang Anda pilih, hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa rumput taman harus sesuai dengan karakter rumah Anda dan perawatan taman tetap merupakan hal yang utama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...