Minggu, 11 Januari 2015

Rumah ramah lingkungan dan hemat energi





Cara membuat rumah ramah lingkungan

 

Konsep desain rumah ramah lingkungan adalah rumah hemat energi. Dengan banyak memnafaatkan ventilasi dan pencahayaan alami. Desain rumah ramah lingkungan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak bergantung sepenuhnya pada AC dan lampu. Dengan memanfaatkan cahaya matahari untuk penerangan dan untuk menghindari panas yang dihasilkan oleh sinar matahari. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk mengatur arah rumah. Instalasi tirai di jendela untuk meminimalkan paparan sinar matahari langsung.

Berikut adalah beberapa konsep yang mendukung desain rumah untuk rumah yang ramah lingkungan:
1. Atap rumah terbuat dari baja ringan Penggunaan baja ringan ini adalah sebagai tanggapan atas persediaan kayu yang semakin sedikit di hutan kita. Baja ringan lebih efektif untuk diaplikasikan sebagai atap. Proses ini lebih efisien dalam hal waktu, dan lebih tepat karena diproduksi oleh pabrik.
2. Langit-langit menggunakan gypsum dan rangka besi
3. Kusen, daun jendela dan pintu menggunakan alumunium / PVC / UPVC
4. Pembuatan atap yang tinggi

5. Membuat Beranda yang lebar
6. Membuat rumah dengan banyak bukaan
7. Tempatkan tirai atau selambu di setiap jendela
8. Membuat langit-langit yang tinggi agar sirkulasi udara dapat benar-benar lancar
9. Luas bangunan sebaiknya tidak lebih dari 60% dari tanah Perbandingan ideal luas bangunan dan ruang hijau adalah 60-40. Fungsi taman tidak hanya untuk mempercantik penampilan rumah, tetapi juga sebagai daerah resapan air hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rak unik buatan sendiri

Rak unik buatan sendiri dari bahan-bahan dirumah Daripada membeli, sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai dirum...